Pengertian Individu, Masyarakat, Kelompok dan Komunitas

Advertisement
Dalam kajian sosiologi kita akan dikenalkan istilah-istilah seperti individu, masyarakat, kelompok dan komunitas. Mungkin sebagian kita ada yang menganggap bahwa istilah-istilah tersebut sudah biasa diperdengarkan dalam keseharian. Namun istilah-istilah seperti ini sangat penting untuk kita ketahui demi mempermudah memahami konsep-konsep yang ada dalam sosiologi serta menghindari kesalahan dalam memahaminya.


a. Individu


Individu berhubungan dengan orang-perorangan atau pribadi, yang berarti individu bertindak sebagai subjek yang melakukan sesuatu hal; subjek yang memiliki pikiran; subjek yang memiliki keinginan; subjek yang memiliki kebebasan; subjek yang memberi arti (meaning) pada sesuatu; subjek yang mampu menilai tindakannya sendiri dan tindakan orang lain.

b. Masyarakat


Masyarakat dalam bahasa Inggris disebut society, dan dalam bahasa latin yaitu socius, yang berarti kawan, sedangkan istilah masyarakat dalam bahasa Arab, yaitu syaraka yang artinya turut serta. Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang saling bergaul atau saling berinteraksi secara tetap dan memiliki kepentingan yang sama.


c. Hubungan Individu dan Masyarakat

 Hubungan antarindividu dapat terjadi antara dua orang yang bersahabat. Mereka secara rutin bertemu, baik dalam permainan maupun di sekolah. Kebiasaan yang mereka lakukan akan mengikat dua orang tersebut menjadi bersamaan. Begitu pula halnya jika hubungan tersebut melibatkan lebih banyak individu, sehingga akan terjadi hubungan yang lebih luas lagi. 

Seperti antar tetangga, antar individu di berbagai tempat, dan lain-lain. Di antara mereka biasanya terdapat suatu aturan tertentu yang disebut norma.

d. Kelompok


Kelompok merupakan himpunan dari beberapa orang individu yang satu sama lain saling berhubungan secara teratur, saling mem perhatikan dan menyadari akan adanya manfaat kebersamaan. 

Ciri yang mendasar dari kelompok yaitu dengan adanya sesuatu hal yang dianggap milik bersama. 

e. Komunitas (Community)


Kesatuan hidup manusia yang menempati wilayah tertentu, lazimnya disebut community, misalnya desa petani di wilayah “X”, tempat warga petani memiliki hubungan dan ikatan yang kuat. Mereka berada di suatu tempat dengan batas wilayah  yang jelas. Interaksi sosial yang sering mereka lakukan biasanya dengan rekan-rekan tetangga.