Terlengkap; Macam-mcam Teori Terbentuknya Jagad Raya

Advertisement
Banyak orang yang menjelaskan tentang teori terbentuknya jagat raya ini. masing-masing orang memiliki pendapat dan hasil pengamatannya yang berbeda-beda. 

Dibawah ini adalah teori terbentuknya jagat raya menurut beberapa ahli:

Teori Ledakan Besar Atau Big Bang

Ini adalah teori yang sangat terkenal tentang pembentukan jagat raya ini. menurut teori big bang, asal usul jagat raya berawal dari adanya sebuah massa yang sangat besar dengan berat jenisnya yang sangat besar juga mengalami sebuah reaksi inti massa sehingga menimbulkan sebuah ledakan yang sangat besar. ledakan besar itu membuat serpihan-serpihan dari massa tersebut terpental menjauhi pusat ledakan atau pusat massa. Serpihan-serpihan yang terpental itulah yang disebut sebagai galaksi.

Teori Keadaan Tetap

Teori keadaan tetap atau disebut juga sebagai teori creatio continua berpendapat bahwa alam semesta atau jagat raya ini tidak bermula dan tidak juga berakhir. Setiap waktu akan ada saja partikel-partikel baru yang muncul dan ada juga partikel-partikel yang hilang. Partikel-partikel tersebutlah yang mengembang menjadi bintang dan benda-benda jagat rayalainnya.  Jumlah partikel yang lahir dan yang hilang lebih banyak jumlah artikel yang lahir sehingga jagat raya ini akan terus berkembang atau memuai. Kondisi ini akan membuat jagat raya ini masuk dalam keadaan kritis dan hal itu akan terjadi sekitar 10 miliar tahun lagi.

Teori Ekspansi Dan Kontraksi

Teori ekspansi dan kontraksi ini disebut juga sebagai teori the concillating. Menurut teori ini jagat raya ada karena adanya sebuah ekspansi materi yang berawal dari massa yang mengembang akibat dari reaksi inti hidrogen. Hal itulah yang membentuk adanya galaksi-galaksi di jagat raya ini. proses tersebut diperkirakan terjadi selama 30 miliar tahun.

Pada awalnya bintang-bintang dan galaksi itu akan meredup dan memampat. Kemudian adanya panas yang sangat tinggi sehingga terjadi lagi proses pengembangan. Setelah mengembang maka galaksi dan bintang tersebut akan kembali memampat lagi.

Berbagai teori tentang terbentuknya jagat raya di atas adalah teori-teori yang sudah banyak dikenal dan dipelajari oleh manusia. Bukan tidak mungkin masih ada teori lain yang belum kita ketahui dan bukan tidak mungkin juga akan ada teori baru lagi yang lebih meyakinkan tentang terbentuknya jagat raya ini. Hal itu masih sangat mungkin terjadi karena beberapa teori terkenal di atas tidak ada yang sama. itu sebagai tanda bahwa di jagat raya ini masih banyak misteri yang belum diketahui oleh manusia sehingga sangat mungkin bagi siapa saja untuk menemukan teori terbentuknya jagat raya yang lebih tepat dan lebih meyakinkan. Semakin banyak teori yang muncul tentunya akan semakin bermanfaat bagi manusia.

Itulah pembahasan tentang teori terbentuknya jagat raya. Semoga bermanfaat.