PENGERTIAN GEOGRAFI MENURUT PARA AHLI DAN SEJARAH PERKEMBANGANNYA

Advertisement
Geografi adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. geografi dapat dijadikan sebagai pengetahuan para siswa untuk mengenali kondisi bumi di sekitarnya. Apa itu geografi?
Pengertian geografi

Kata geografi berasal dari bahasa Yunani. Geografi berasal dari dua kata, yaitu geo dan graphein. Geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti tulisan atau penjelasan.

Geografi akan menjelaskan tentang peta bumi yang ada di sekitar manusia. Geografi bukan hanya menjelaskan letak sebuah tempat saja tapi geografi juga menjelaskan tentang mengapa hal tersebut bisa terjadi dan mengapa juga terdapat tempat di daerah tersebut. Semua itu dipelajari dalam ilmu yang satu ini.

Sementara para ahli memberikan arti tentang geografi sebagai berikut:

Geografi Menurut Eratosthenes 
Yang dimaksud dengan geografi adalah penggambaran tentang bentuk dan permukaan bumi.

Immanuel Kant 
Menurutnya, geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejalagejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.

Geografi Menurut  Claudius Ptolomaeus 
Yang dimaksud dengan geografi adalah penyajian gambaran bumi, baik sebagian maupun seluruh permukaan bumi.

Geografi Menurut Bernard Varen 
Geografi adalah campuran dari matematika yang membahas kondisi Bumi beserta bagian-bagiannya juga tentang benda-benda langit lainnya.


Karl Ritter (1779–1859)
Ritter dianggap sebagai peletak dasar geografi modern. Profesor geografi Universitas Berlin ini mengatakan bahwa geografi merupakan suatu telaah tentang Bumi sebagai tempat
hidup manusia.

Geografi Menurut  Ullman
Yang dimaksudkan dengan geografi adalah adanya interaksi antar ruang.

Geografi Menurut  Strabo
Yang dimaksudkan dengan geografi adalah yang berkaitan dengan sebuah faktor lokasi, hubungan antar wilayah, dan karakteristiknya. Ini adalah salah satu pendapat tentang geografi yang populer sehingga disebut juga dengan Natural Attribute of Place.

Geografi Seminar Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (IGI) di Semarang 1988
Geografi sebagai ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

Selain dari pendapat di atas, masih banyak para ahli geografi yang memberikan pendapatnya tentang ilmu ini.

Baca Juga:

  • Objek Geografi
  • Aspek Geografi
  • Pendekatan-pendekatan Geografi

Sejarah Perkembangan Geografi

Ilmu geografi sebenarnya sudah dikenal sejak jaman yunani kuno. Pada jaman tersebut ilmu ini masih dipengaruhi oleh adanya mitologi orang-orang yunani. Kemudian pada abad ke-6 sebelum masehi, pengaruh mitologi mulai berkurang karena ilmu alam mulai berkembang. Saat itu sudah dilakukan penyelidikan tentang ilmu alam.Beberapa tokoh geografi saat itu adalah Anaximandros dan Thales.

Kemudian pada abad pertengahan perkembangan ilmu ini masih bercirikan pada penjelajahan, baik yang dilakukan melalui laut maupun melalui darat. Untuk penjelajahan di darat dilakukan oleh para pedagang dan tentara. Para pedagan yang berasal dari berbagai negara melakukan perdagangan ke negara-negara lain. Hal ini akan menghasilkan sebuah cerita yang dapat dijadikan pengetahuan terhadap suatu tempat. Sementara pihak lain yang melakukan penjelajahan darat adalah para tentara. Mereka pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk melakukan peperangan yang bertujuan untuk memperluas wilayah kekuasaan.

Hal itu merupakan sebuah perjalanan dari darat yang dinamakan dengan sebutan "Via Appia" yakni perjalanan darat antara Roma dan Papua pada tahun 950 sebelum masehi, dan jalan sutera yakni antara tiongkok dengan timur tengah pada abad pertengahan yang telah menjadi sumber materi geografi yang paling berharga pada masa itu. Maka dari itulah tidak heran jika pada masa itu mengalami kejayaan yang sangat luarbiasa.

Geografi moderen adalah sebuah pandangan yang muncul pada abad ke-18. Pada masa itu ilmu geografi sudah berkembang pesat sehingga sudah dianggap sebagai ilmu pengetahuan yang praktis.

Jadi itulah pembahasan tentang pengertian geografi menurut para ali dan perkembangannya. Semoga dapat bermanfaat.