Pengertian Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Advertisement
Dalam ilmu ekonomi dikenal istilah ekonomi mikro dan ekonomi makro. Kedua istilah tersebut merupakan pandangan atau analisa terhadap kegiatan ekonomi yang ada. Analisa ini penting untuk dapat memprediksi keadaan masa depan dan menentukan langkah-langkah ekonomi yang harus diambil. Kedua analisa ini, baik mikroekonomi maupun makroekonomi memiliki karasteristik serta cakupan masing-masing. Berikut pembahasannya.

1. Pengertian Ekonomi Mikro

ِِِAnda tentu telah mengenal dan memahami arti kata mikro yang berarti kecil. Jadi, ekonomi mikro bisa diartikan sebagai ilmu ekonomi kecil. Menerangkan arti teori mikroekonomi dengan menerjemahkan masing-masing perkataan dalam istilah tersebut tidak akan memberi penjelasan yang tepat mengenai arti dari konsep mikroekonomi.

Pengertian Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Arti yang sebenarnya hanya bisa dilihat dari corak dan ruang lingkup analisisnya, teori mikroekonomi bisa didefinisikan sebagai satu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Teori mikroekonomi bertitik tolak dari pandangan yang menganggap bahwa faktor-faktor produksi atau sumber-sumber yang dipunyai masyarakat ialah terbatas, sedangkan keinginan manusia tidak terbatas. Jadi, yang menjadi analisis teori mikroekonomi ialah bagaimanakah caranya menggunakan faktor-faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran bisa dimaksimumkan.

Pengertian ekonomi mikro ialah satu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang menganalisis mengenai bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian.

Berdasarkan pemikiran di atas, masyarakat haruslah membuat pilihan-pilihan. Kegiatan memilih ini perlu dibedakan pada dua aspek yaitu dalam kegiatan memproduksi barang dan jasa dan dalam kegiatan menggunakan (konsumsi) barang dan jasa. Masalah memilih dalam teori mikroekonomi dikemukakan dengan tiga pertanyaan, yaitu:
  1. Apakah jenis-jenis barang dan jasa yang harus diproduksikan?
  2. Bagaimanakah barang dan jasa yang diperlukan masyarakat akan dihasilkan?
  3. Untuk siapakah barang dan jasa tersebut diproduksi?


Hal-hal yang dibahas dalam ekonomi mikro ini antara lain:
  1. Interaksi di Pasar Barang
  2. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli
  3. Interaksi di Pasar Faktor


2. Pengertian Ekonomi Makro

Makro berarti besar. Dari arti kata makro tersebut sudah bisa diduga bahwa teori makroekonomi membuat analisis mengenai kegiatan dalam suatu perekonomian dari sudut pandang yang berbeda dengan teori mikroekonomi. Analisis makroekonomi merupakan analisis terhadap keseluruhan kegiatan perekonomian. Analisisnya bersifat umum dan tidak memerhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian. Dalam menganalisis kegiatan pembeli (dalam makroekonomi mereka dinamakan sebagai konsumen), yang dianalisis bukanlah mengenai tingkah laku seorang pembeli tetapi keseluruhan pembeli yang ada dalam perekonomian. Begitu pula, dalam menganalisis tingkah laku produsen, yang diamati bukanlah kegiatan seorang produsen tetapi kegiatan keseluruhan produsen dalam perekonomian.

Pengertian ekonomi makro adalah suatu analisis terhadap keseluruhan kegiatan perekonomian.

Hal-hal yang dibahas dalam ekonomi makro ini antara lain:
  1. Penentuan Kegiatan Ekonomi
  2. Masalah Pengangguran dan Inflasi
  3. Peranan Kebijakan Pemerintah

Selain artikel Pengertian Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro, baca juga pembahasan yang serupa pada artikel: