Tips Dan Pengetahuan Penting Dalam Menggunakan Air Saat Survival

Advertisement
Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Selain untuk minum, manasia juga membutuhkan air untuk berbagai aktifitas seperti mencuci, memasak, mandi dan selainnya.
Khusus dalam kegiatan survival, air memiliki peran besar agar seorang survaivor bisa tetap bertahan hidup. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui cara menggunakan air dengan baik dan efisien.
Berikut 7 tips dan pengetahuan penting dalam Menggunakan Air Saat Bersuvival
  1. Bila melakukan survival di laut ( diatas sampan atau sejenis) usahakan sebisa mungkin agar anda tidak mabuk laut. Mabuk laut akan mengakibatkan kurangnya cairan dalam tubuh. Jika memungkinkan minumlah pil anti mabuk sebelum anda melakukan kegiatan.
  2. Jika anda melakukan survival di laut atau pantai, jangan coba-coba anda meminum air laut atau mencampurnya dengan air tawar dengan tujuan menghemat air. Hal ini jusru akan meningkatkan dehidrasi atau penguapan air dari tubuh kita dan menimbulkan gejala lainnya seperti muntah-muntah.
  3. Saat bersuvival anda harus benar-benar bisa mengendalikan kebiasaan merokok. Biasanya merokok dapat memicu tenggorokan kering dan rasa haus.
  4. Selain merokok, kebiasaan minum alkohol juga bisa berakibat fatal bagi anda. Minum alkohol dapat mengakibatkan mual dan rasa haus karena banyaknya air yang keluar dari ginjal dan usus.
  5. Air memiliki kaitan erat dengan makanan. Jumlah dan jenis asupan berupa makanan harus seimbang dengan air. Ketika anda mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat  seperti tepung, gula dan semacamnya, maka anda tidak memerlukan air yang banyak. Sebaliknya, ketikan anda mengkonsumsi makanan yang memiliki protein tinggi anda  membutuhkan jumlah air yang lebih.
  6. Untuk mengurangi rasa haus dan menjaga agar mulut tetap basah, anda dapat menelan air liur. Cara lain yang cukup efektif adalah dengan mengemut kancing atau ujung kerah baju, cara ini bisa merangsang timbulnya liur.
  7. Sebelum ditelan, sebaiknya anda kumur-kumurkan air sehingga membahasahi semua rongga mulut. Dengan cara seperti ini, rasa dahaga anda dapat terkurangi hanya dengan beberapa teguk air saja. Hal ini tentu saja bisa menghemat penggunaan air.
  8. Gunakanlah persediaan air dengan disiplin dan ketat. Lakukan penjatahan air bersama seluruh rekan perjaanan sesuai persedian air yang ada.