S-T-O-P, 4 Langkah tepat jika tersesat ?

Advertisement

Berhiking ria di alam bebas memang mengasyikan. Selain sebagai hobi dan pelepas kejenuhan,kegiatan ini juga dapat menambah pengetahuan serta kepedulian kita terhadap alam sekitar.Terlebih lagi bagi seorang muslim,kegiatan seperti ini bisa dijadikan ajang tadabur memikirkan betapa besarnya kuasa Alloh yang telah menciptakan Alam semesta beserta isinya.
Tapi ngomong-ngomong apa jadinya jika disela keasyikan kamu berhiking  ternyata tiba-tiba kamu lupa jalan dan akhirnya tersesat ? Lebih parah lagi jika ternyata kamu terpecah dari rombongan dan lost contack.
Wah....... pastinya nyesek banget tuh..???
Takut,panik,was-was dan berbagai negative thingking pastinya bakal berlomba-lomba tampil bercokol meramaikan pikiran kamu....
Lantas apa yang musti kamu lakukan ???

Berikut empat langkah tepat yang sangat membantu kamu saat tersesat,semuanya terangkum dalam kata S-T-O-P:
1. STOP & SITING
   Berhenti dan duduklah sejenak untuk menenangkan pikiran. Pastikan jika kamu memang benar-benar tersesat.
2. THINGKING
   Banngunlah Positive Thingking. Jangan terlalu terbawa suasana yang dapat menimbulkan rasa takut dan cemas yang berlebih yang justru bakal memperkeruh suasana.
3. OBSERVE
   Lakukan Observasi,kenali lingkungan sekitar dan tentukan arah dengan memanfaatkan alat-alat yang ada seperti; kompas,jps,peta.. dll.
4. PLANNING & PRAYING
   Rumuskan rencana untuk mengatasi masalah.Buatlah skala prioritas yang harus kamu lakukan sekaligus perhitungkan resiko yang mungkin bakal terjadi.Dan Berdo'alah kepada Alloh agar terlepas dari masalah,karena do'a seorang musafir itu mustajab.